Kangpandoe’s Weblog

Maret 25, 2008

Never Stop to Dream and Then Reach for It

Filed under: Motivasi — kangpandoe @ 7:59 am

Suatu hari ada seorang teman yang mengatakan, “Hmm sekarang kok aku merasakan kalau hidup-ku tidak bergairah.” “Kenapa Sobat?” tanyaku kemudian. Temanku itu mengatakan kalau mungkin yang menjadi penyebab semua itu adalah saat ini dia tidak punya mimpi yang secara spesifik ingin dicapainya. Dulu sewaktu SMA sobatku ini bercerita dia dengan penuh semangatnya berjuang untuk menembus olimpiade MIPA tingkat nasional yang dengan perjuangannya itu justru dia sangat menikmati setiap tetesan keringat, curahan fikiran dan tenaga yang dia kerahkan. Subhanallah.

Nah, sobat akang yang lain pernah gak ngerasain hal serupa?

Sobat sesungguhnya penyakit yang paling parah yang diderita manusia adalah penyakit ketiadaan mimpi dan cita-cita. Betapa tidak, karena berkat mimpi-mimpi itulah kita sekarang bisa mencapai berbagai macam hal yang ketika hal itu disampaikan pada zamannya akan dianggap sebagai sesuatu hal yang mustahil. Melalui keyakinan dan kerja keras dari “Para Pemimpi” di setiap zaman itulah maka sekarang kita bisa menikmati komputer, lampu, telephone, Hp, dan lain-lain.

Mimpi adalah manifestasi dari nilai luhur naluri manusia yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada setiap hambanya yang menginginkan pencapaian suatu hal yang agung. Bukankah Allah sendiri pernah menantang hambanya apabila mereka sanggup menembus tujuh lapis langit dan bumi maka tembuslah dan kita takkan pernah bisa melakukannya kecuali dengan “Sulthon” atau kekuatan. Kekuatan ilmu pengetahuan, kekuatan teknologi dan tentu saja kekuatan manusia-manusia yang berani bermimpi. Mimpi tentang sesuatu yang tak pernah terbersit sedikitpun oleh para penghancur mimpi yang hanya biasa memandang hidupnya dari kumpulan rutinitas.

Mulailah Bermimpi

Ya, jangan tunda lagi siapapun kita mulai sekarang renungkanlah kembali apa saja yang ingin kita raih, apa impian terbesar kita, kapan kita harus mencapainya, dan mengapa kita harus mencapainya. Nah, setelah kita selesai menentukan apa yang menjadi mimpi kita kemudian tulislah mimpi itu dan sampaikan kepada orang lain yang kita percaya akan menjadi motivator kita dalam mencapai mimpi itu. Lalu yang terakhir adalah “Just do It” dengan memulai melakukan apa-apa yang kita anggap paling penting untuk dilakukan kemudian setelah itu kita lakukan juga apa-apa yang mungkin untuk kita lakukan, insya Allah tanpa terasa kita akan melakukan sesuatu yang tidak mungkin.

Suatu ketika Abdullah Ibn Umar berkumpul bersama para sahabatnya, kemudian sekumpulan sahabat karib ini saling bercerita untuk mengungkapkan cita-cita mereka masing-masing. Diantara mereka ada yang bercita-cita menjadi Gubernur di Irak, ada pula yang berkeinginan untuk menikah dengan dua orang Sahabiah sekaligus, dan ketika Abdullah Ibn Umar ditanya tentang mimpinya beliau menjawab, “Aku ingin masuk surga.” Diceritakan setelah bertahun-tahun setelah itu, sahabat yang bercita-cita menjadi Gubernur di Irak telah mendapatkan mimpinya. Sahabat yang satu lagipun telah mendapatkan keinginannya untuk menikahi dua orang sahabiah sekaligus. Adapun Abdullah Ibn Umar dikenal sebagai seorang sahabat yang sangat Alim dan Abid serta amat sangat mencontoh Rasulullah Saw di dalam kehidupannya. Sampai-sampai ketika berjalan melintasi suatu pohon beliau menundukan kepalanya disebabkan beliau pernah melihat Rasulullah menundukan kepalanya ketika melintas di bawah pohon tersebut.

Jangan sampai kita terjebak dengan rutinitas, bukankah hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Perbaiki kembali niat dan motivasi kita setiap hari. Ada sebuah ilustrasi menarik mengenai seekor anjing yang jago lari. Suatu hari ia berjumpa dengan sahabatnya sesama anjing dan berkata dengan sombongnya, ” Apa sih yang gak bisa ku kejar, kuda aja kalah sama lariku.” Kemudian dihadapan mereka melintaslah seekor kelinci sambil melompat-lompat, kucluk, kucluk, kucluk. Teman sang anjing jago lari berkata, ” Nah tuh ada kelinci kejar aja dia sana!” Anjing jago lari itu pun langsung tancap gas mengejar sang kelinci, wuussss…., ternyata kelinci lari lebih kencang. Si anjing semakin ngotot mengejar dan kelincipun semakin cepat pula menghindar dan dengan cepat ia masuk kedalam lubang. Sang kelinci pun tak terkejar. Anjing jago lari tadi kembali ketemannya dan temannya pun tak ampun lagi menertawakan kebodohannya. “Ah kau ini, katanya jago lari, sama kelinci aja nggak bisa terkejar.” Kata temannya. Apa jawab si anjing jago lari?

“Habis dia goalnya untuk tetap hidup sih, survive, sementara aku goal-ku hanya untuk sekedar fun aja.” Kata anjing yang jago lari. Nah, makanya dalam setiap kesibukan kita harus ada yang kita jadikan sebagai value added jangan sampai goal kita dalam hidup ini hanya untuk sekedar “Fun” saja yang dengan utopisnya kita gaungkan muda bahagia, tua kaya raya, mati masuk surga tanpa disertai effort yang bernilai lebih ya hasilnya cuma terengah-engah saja deh.

Bagaimana Memulai Mimpi?

Rumusnya apa ya?! Hmmm…. bermimpilah dengan SMART !!!

S= Spesifik, bermimpilah dengan spesifik jangan mimpi yang samar-samar misalnya saya bermimpi untuk sekolah S2 diluar negeri, di Birmingham University di usia saya yang ke 29 tahun dengan beasiswa.

M= Measurable, bermimpilah dengan keterukuran, misalnya saya bermimpi memiliki penghasilan sebulan 100 juta

A= Antusiasme, bermimpilah dengan niat dan motivasi yang kuat untuk mencapainya. Bagaimana caranya, salah satu tipsnya dengan menceritakan mimpi kita kepada sahabat terpercaya.

R= Realistic, bermimpilah dengan menuliskannya kemudian tuliskan pula langkah-langkah kecil yang kita perlukan untuk mencapai mimpi kita itu.

T= Time Line, bermimpilah dengan membuat garis limit waktu kapan kita ingin mencapainya misalnya saya ingin menikah di usia 25 tahun dan saya ingin punya rumah di usia 24 tahun.

Nah sobat-sobat akang selamat bermimpi, dan mari kita bersama-sama membumikan mimpi kita itu.

2 Komentar »

  1. GREAT! Beneran keren tulisannya. Alurnya mantabs. Nada yang dipancarkan menenangkan. Tulisan syarat makna dengan tidak ada kata untuk menggurui si pembaca. KEREN!!!! Sumpah! Sekali lagi Keren!!!! (Thx kang).

    Komentar oleh Gandhi — Maret 26, 2008 @ 7:20 am | Balas

  2. Lha tadi komennya kok kaga ada ya?đŸ™‚

    Komentar oleh Gandhi — Maret 26, 2008 @ 7:21 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: