Kangpandoe’s Weblog

April 7, 2008

Realisasi Penerimaan Pajak Semester I 2008

Filed under: MoF NEWS — kangpandoe @ 8:13 am

KONFERENSI PERS DIRJEN PAJAK

REALISASI PENERIMAAN PAJAK TRIWULAN I 2008

Jakarta, Jum’at – Realisasi penerimaan pajak netto 1 Januari sampai dengan 31 Maret 2008 setelah dikurangi dengan restitusi tanpa PPh migas adalah sebesar Rp113.533,66 miliar meningkat 42,70% dibandingkan realisasi penerimaan periode yang sama tahun 2007 sebesar Rp79.559,59 miliar. Demikian disampaikan Dirjen Pajak Darmin Nasution kepada para wartawan di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak.(04/04)

REALISASI PENERIMAAN PAJAK TERTINGGI SELAMA 5 TAHUN TERAKHIR

Lebih lanjut Darmin menyampaikan bahwa realisasi pertumbuhan tersebut jauh diatas rata-rata pertumbuhan penerimaan 5 tahun terakhir sebesar 19,36%. ”Adapun apabila penerimaan pajak netto bila digabung dengan PPh migas periode triwulan I 2008 lebih tinggi lagi yakni sebesar Rp127.962,42 miliar atau mengalami pertumbuhan 49,93% dibandingkan realisasi penerimaan periode yang sama tahun 2007 sebesar Rp85.347,90 miliar.” Jelas Darmin.

Dari angka-angka diatas bisa bisa ditarik kesimpulan sementara bahwa transaksi dalam perekonomian menunjukan peningkatan. ”Jadi, kita di DJP selain upaya intensifikasi, angka-angka kita menunjukan baik laba perusahaan maupun transaksi di dalam perekonomian berjalan cukup baik sampai hari ini.” Tutur Darmin.

Darmin mengungkapkan bahwa sektor Pertanian dan Kehutanan serta Perkebunan kelapa sawit adalah penyumbang pertumbuhan penerimaan pajak terbesar triwulan I tahun ini. ”Penerimaan kita triwulan I tahun 2008 dibandingkan dengan triwulan I tahun 2007 meningkat hampir 150% di sektor itu. Sementara itu sektor industri menyumbang pertumbuhan lebih dari 30%, sektor perdagangan 33%, real estate dan usaha perseroan 30% lebih, dan jasa keuangan hanya sekitar 11%.” Ungkap Darmin.

PERKEMBANGAN KASUS ASIAN AGRI

Saat dimintai keterangan mengenai kasus Asian Agri, ditempat yang sama Darmin mengungkapkan bahwa penyidikan kasus Asian Agri yang melibatkan 12 orang tersangka telah diselesaikan pada akhir Maret 2008. Pembahasan dan pendalaman berkas perkara antara tim penyidik pajak dengan tim jaksa pra penuntutan (sebelum pelimpahan) sudah dimulai sejak 10 Maret yang lalu. ”Penyerahan berkas akan Kita lakukan pada pertengahan minggu ke dua bulan April ini kepada Penuntut Umum yaitu Kejaksaan Agung melalui Bareskrim Polri.” Jelas Darmin

Direktur Intelijen dan Penyidikan Direktorat Jenderal Pajak M.Tjiptarjo menambahkan bahwa proses pemberkasan kasus Asian Agri ini diawali pengolahan informasi masuk dan pemeriksaan bukti permulaan dari bulan Januari sampai dengan bulan April. ”Positif kita tindaklanjuti dengan penyidikan yang diinstruksikan langsung oleh Pak Dirjen pada awal Bulan Mei, setelah berkas selesai kita olah keterangan para saksi untuk menetapkan siapa tersangkanya.” Jelas Tjiptarjo.

”Setelah selesai penyidikan ini Kita berhubungan dengan Tim Jaksa Pra Penuntutan dari Kejaksaan Agung untuk mempelajari berkas yang telah disusun. Setelah selesai semuanya, baru kita bekerjasama dengan KPK dan Bareskrim Polri sebelum penuntutan.” Lanjut Tjiptarjo menjelaskan.

2 Komentar »

  1. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/realisasi_penerimaan_pajak_semester_i_2008/

    Komentar oleh infogue — April 10, 2008 @ 5:05 am | Balas

  2. Penerimaan pajak meningkat? Transaksi ekonomi meningkat? Penerimaan pajak meningkat bukan lebih karena jumlah WP meningkat ya?

    Kasus Asian Agri kapan bener2 selesai ya? Dah bosen bikin kliping berita tentang Asian Agri.
    🙂

    Komentar oleh fairuzdarin — April 11, 2008 @ 11:14 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: