Kangpandoe’s Weblog

April 11, 2008

PENGESAHAN APBN-P 2008

Filed under: MoF NEWS — kangpandoe @ 8:12 am

APBN-P 2008 merupakan jawaban Pemerintah untuk mengantisipasi berbagai dampak akibat memburuknya perekonomian global seperti kecenderungan meningkatnya harga minyak dan harga komoditas pangan dunia serta melemahnya nilai tukar rupiah. Percepatan pembahasan APBN-P 2008 juga didorong oleh adanya beberapa faktor pemicu di dalam negeri berupa kebijakan stabilisasi harga pangan dan penurunan lifting minyak dalam negeri.

Setelah melakukan berbagai pembahasan intensif dengan Panitia Anggaran DPR, akhirnya Sidang Paripurna ke-31 DPR RI memutuskan untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2007 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2008. (10/04)

Sidang paripurna kali ini dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Agung Laksono. Sidang diawali dengan penyampaian laporan hasil pembicaraan tingkat pertama yang dilakukan oleh Panitia Anggaran bersama-sama dengan Departemen Keuangan. Setelah ketua Panitia Anggaran DPR Emir Moeis menyampaikan laporannya, sidang dilanjutkan dengan penyampaian pendapat akhir dari masing-masing fraksi yang ada di DPR. Seluruh fraksi di DPR menyatakan sepakat untuk segera mengesahkan RUU APBN-P menjadi undang-undang.

Asumsi Dasar APBN-P 2008

Emir menyampaikan bahwa Panitia Anggaran dan Pemerintah telah sepakat untuk menetapkan beberapa asumsi dasar dalam RUU APBN-P. Asumsi-asumsi dasar dalam APBN-P antara lain pertumbuhan ekonomi sebesar 6,4% lebih rendah 0,4% dari APBN-nya yang menetapkan angka 6,8%. Inflasi sebesar 6,5% lebih tinggi 0,5% dari APBNnya yang menetapkan sebesar 6%. Rata-rata nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika tetap dipatok sebesar Rp9.100 per US Dollar. Suku bunga SBI 3 bulan juga tidak mengalami perubahan tetap sebesar 7,5%. Harga minyak diputuskan sebesar 95 US dollar perbarel lebih tinggi 35 US dollar perbarrel dari APBN yang sebelumnya hanya menetapkan 60 US dollar perbarrel. Lifting minyak ditetapkan sebesar 927.000 barrel per hari, turun dari asumsi APBN yang menetapkan sebesar 1.034.000 barrel perhari. PDB ditetapkan sebesar Rp4.484,4 triliun lebih tinggi dari APBN-nya yang hanya ditetapkan sebesar 4.306,6 T.

Struktur APBN-P 2008

APBN-P 2008 memuat jumlah anggaran pendapatan Negara dan hibah sebesar Rp894,9 triliun terdiri dari penerimaan perpajakan Rp609,2 triliun, PNBP Rp282,8 triliun dan penerimaan hibah Rp2,9 triliun. Sementara untuk belanja negara ditetapkan sebesar Rp989,4 triliun terdiri dari anggaran belanja pemerintah pusat Rp697,07 triliun dan anggaran untuk transfer ke daerah Rp292,4 triliun. Defisit anggaran sebesar Rp94,5 triliun akan dibiayai dari pembiayaan dalam negeri sebesar Rp107,6 triliun dan pembiayaan luar negeri netto sebesar negatif Rp13,1 triliun.

Dalam penyampaian pendapat akhir Pemerintah, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan walaupun belanja pemerintah naik, tapi telah dilakukan penghematan belanja eksekutif dan non eksekutif sebesar 10% dengan dasar penghematan mempertimbangkan prioritas nasional dan prioritas masing-masing KL.

Lebih lanjut Sri Mulyani menyampaikan bahwa Pemerintah menilai penetapan asumsi harga minyak (ICP) di dalam APBN-P sebesar rata-rata 95 US dollar perbarrel masih mengandung resiko fiskal mengingat masih adanya faktor ketidak pastian dan spekulasi serta faktor geopolitik di pasar minyak yang menyebabkan harga minyak dunia cenderung bertahan tinggi sampai akhir tahun 2008. “Oleh karena itu di dalam APBN-P telah dicadangkan anggaran resiko fiskal di pos belanja lain-lain sekitar Rp9,3 triliun untuk mengantisipasi bila harga ICP naik mencapai diatas rata-rata 100 dollar perbarrel sepanjang tahun 2008.” Jelas Sri Mulyani. Nilai cadangan ini diangap cukup untuk menutup ketidakpastian harga minyak yang diperkirakan akan tetap tinggi.

1 Komentar »

  1. Penghematan anggaran akhirnya ditetapkan 10% ya? Sebelumnya kan direncanakan 15%.
    Baca-baca di koran, pertengahan tahun ini mungkin bakal ada perubahan APBN lagi lho. Udah jadi APBNP kok ya mau diubah lagi…??

    Komentar oleh fairuzdarin — April 11, 2008 @ 10:50 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: