Kangpandoe’s Weblog

April 26, 2008

Pembuktian Sebuah Rencana

Filed under: Dari Redaksi — kangpandoe @ 1:20 pm

Pendahuluan

Sabtu, pagi kemarin… ( 26/04/04 ) 8)

Aku, Siko, dan Kiky janjian ketemu di halte busway Salemba UI jam 10 pagi. Kami berkumpul demi melaksanakan satu misi bersama “daftar di LBI UI.” Yaa… secara kita pengen nge-refresh lagi our english, syukur2 sekalian bisa improve our ability in English gitu deh. Begitu semuanya udah pada ngumpul, langsung aja kami menuju lt.3 gedung LBI UI di samping sekretariat ILUNI, dan disana kami langsung melaksanakan 3 L :

  1. Langsung isi formulir pendaftaran
  2. Langsung ikut Placement Test
  3. Langsung diumumin hari itu juga hasil Placement Testnya

Pada saat placement test, kami disuguhkan dengan 100 soal yang harus dijawab dalam waktu satu jam, dibawah terpaan dinginnya AC ruangan yang 3x lebih dingin dari AC di kantor, kami menjalani masa satu jam itu dengan tabah…

Dan akhirnya tibalah saat pengumuman Placement test….. Dan diantara kami bertiga, aku dan siko nampaknya memang harus mengakui keunggulan Kiky, nilainya paling tinggi diantara kami bertiga. “Awas ya Ky… tunggulah pembalasan kami” (hehehe becanda kok)… Yah mau gimana lagi secara Kiky udah pernah ngelaba sampe ke Queensland, jadi ya gak perlu diragukan lagi deh kemampuan bahasa Inggrisnya, selamat ya dapet G.E. 5 !!!

Sementara itu peringkat ke dua ditempati oleh Siko, pria berpenampilan teduh dan bertampang kebapakan ini berhasil mengungguli-ku 9 poin. Namun ternyata akh siko begitu setiakawan sama aku dengan tersenyum sambil keluar dari ruang wawancara dia berkata, “Aku dapet G.E. 4 juga Ndu.” hehehe makasih ya Ko, dah ditemenin di G.E 4, jadi ada temen kursus yang sekantor dan selevel… hehe jadi bisa berangkat bareng.

Sepulang dari LBI UI, kami melanjutkan petualangan kami untuk menjelajahi kampus UI Salemba dengan target sasaran : “Menemukan Markas Besar FE UI dan nanya2 seputar program ekstensinya” Karena kami dah kesiangan dan hari Sabtu pula, maka kami cuma bertemu dengan seorang bapak penjaga sekretariat dan meminta sejumlah brosur (tadinya dikasih 3 tapi minta 3 lagi buat dibagiin ketemen2 yang lain he..he..he..)

Pembuktian Sebuah Rencana

Ada sebuah hikmah dari petualangan di hari Sabtu kemarin yang pingin akang ceritakan, sebenarnya ikutan kursus di LBI UI udah jadi planning akang dan 5 orang temen akang lainnya. Awalnya rencana ini kami buat bulan Desember 2007, namun karena komitmen kami tidak meminta uang lagi ke orang tua setelah lulus dari STAN ya jadi rencana ini kami undur bulan April sambil berupaya menyisihkan sebagian dari uang honor magang kami tiap bulannya.

Awalnya aku sempat hopeless, mengingat udah bulan Maret tapi ternyata uangku masih kurang, Hikz…Hikz..Hikz…maklum hidup di Jakarta dengan honor bulanan 850 ribu memang berat. (Halah bersyukur donk!!!). Tapi pada saat itu dalam hatiku berkeyakinan bahwa entah dari mana jalannya insya Allah rencana daftar di LBI UI pasti jadi kenyataan. Subhanallah, setelah deklarasi keyakinan itu seminggu kemudian di kantor aku di ajakin konsinyering… ha..ha..ha.. Alhamdulillah honor dari konsinyering bisa mencukupi kebutuhan untuk daftar di LBI UI.

Trus, untuk itu akang udah merencanakan klo bisa begitu masuk placement test LBI UI pingin di G.E 4 dengan satu alasan: “lulus dari G.E 4 bisa langsung dapat sertifikat” haha.. Abis klo langsung keterima di G.E. 8 kayaknya dengan kemampuan akang yang sekarang ini belum mumpuni… (yang bisa langsung dapet sertifikat begitu lulus itu di G.E 4, G.E 8, dan G.E. 10 lho). Selain itu klo masuknya di G.E. 5 keatas bayarnya jadi 50 rb lebih banyak dari jumlah uang yang harus dibayarkan di G.E 4 ke bawah (waduh bisa tekor atuh, belom rapelan euy)… Eh, Subhanallah begitu pengumuman placement test ternyata akang keterima di G.E 4.

(hihi, mungkin klo ditargetkan G.E. 5 insya Allah masuk juga kalii ya!?)

Trus yang kedua, klo dari akang sendiri pinginnya milih waktu kursus hari Senin dan Rabu jam 19.00 – 21.00 supaya gak bentrok sama sholat Maghrib dan gak mengganggu aktivitas liburan di hari Sabtu (sehingga ini juga ikutan akang rencanakan dalam list perencanaan akang). Begitu pengumuman placement test selesai diumumkan, akang diberikan sebuah slip setoran Bank BNI yang juga berisi pilihan waktu kursusnya. Oleh sang petugas pendaftaran yaitu seorang Bapak Satpam berkumis tebal yang ramah dan suka nyerocos itu (kata Kiky mirip sama Pak Satpam di kampus STAN yang biasa mangkal di pintu gerbang Ceger) akang di suruh melihat jadual hari dan jam kursus yang terpampang di kaca jendela dekat loket bagian keuangan.

Subhanallah sekali, ternyata hari Senin-Rabu jam 19.00-21.00 hanya menjadi milik G.E. 4 seorang, dari G.E. 1 sd G.E. 10 tidak ada yang berjodoh dengan hari dan jam tersebut kecuali G.E. 4. Masya Allah ternyata hari itu Allah SWT berkenan menunjukan bahwa rencana yang kita buat secara spesifik dan tidak mengawang-awang akan ditunjukan jalan pencapaiannya entah bagaimana caranya.

Hikmah Sabtu Pagi

  1. Rencana yang dibuat secara spesifik dengan penggambaran detail apa yang mau kita peroleh dan kita capai dan tidak dibuat secara mengawang-awang akan ditunjukan jalannya oleh Allah SWT. banyak lho yang sudah membuktikannya, apalagi rencana itu kita tulis dan kita sampaikan kepada temen-temen kepercayaan kita;
  2. Buat ‘AA, bener lho ternyata pengalaman SMA ‘AA, klo dalam hidup ini kita akan lebih bersemangat dan termotivasi begitu kita memutuskan dan mempunyai sebuah target yang harus dicapai. Sungguh penyakit yang paling berbahaya adalah ketika seorang manusia tidak punya target dan goal dalam hidupnya sehingga membiarkan arah hidupnya mengalir begitu saja;
  3. Sungguh kita bener-bener perlu orang lain (teman) yang memiliki visi yang sama dalam membumikan mimpi menjadi kenyataan. Untuk memperingan langkah kita dan senantiasa mengingatkan kita agar selalu konsisten;
  4. MALU

Ya Malu… jujur setelah pengumuman placement test itu, akang begitu malu pada Allah, dengan banyaknya kemaksiatan dan kelalaian-kelalaian dalam mengingat-Nya, ternyata Allah begitu baik padaku… Allah sangat menyayangiku dengan memberikan apa yang ku harapkan. Astaghfirullahaladzhim wa atuubu ilaih…

5. Doa

Sebagai manusia biasa yang hanya bisa berencana dan dengan segala keterbatasan ini… hanya kepada Allah SWT saja kita kembalikan segala urusan. Kata ‘AA Gym kita berdoa bukanlah untuk mendikte Allah apa yang kita mau dan bukan pula dalam rangka memberitahukan Allah maksud dan tujuan kita. Tetapi kita berdoa tidak lain adalah suatu penegasan bahwa kita ini tidak punya daya apa-apa tanpa pertolongan Allah dan Allah sendiri sangat suka ketika mendengar rintihan hamba-Nya yang meminta sesuatu kepada-NYa.

Penutup

Alhamdulillah tulisan ini bisa akang posting, ucapan terimakasih tidak lupa akang sampaikan kepada berbagai pihak yang turut membantu :

  1. Siko, atas kesetiakawanannya menemani di G.E 4
  2. Kiky, makasih inspirasinya… moga2 aku bisa cepet nyusul kemahiran bahasa inggrismu dan jangan sedih yah dapet jadual kursus hari sabtu sendiri, siapa tahu Heri ato Hergie nyusul dapet hari Sabtu juga.
  3. Yudha dan ‘AA Gandhi terimakasih atas Kesepakatan Soft Loan Agreement kita.
  4. Heri dan Hergie atas malam penganugerahan punishment necklace yang tak terlupakan itu, Ayo kami tunggu kedatangan kalian berdua di LBI UI !!!
  5. Maz Bagoes, kapan blog-mu jadi ???

(NB : Mudah-mudahan big planning yang telah kita declare bersama, bisa diwujudkan satu persatu yach… Insya Allah)

1 Komentar »

  1. Doain aku segera menyusulmu ya, Ndu… 🙂

    Komentar oleh fairuzdarin — April 28, 2008 @ 3:31 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: