Kangpandoe’s Weblog

Agustus 15, 2008

2007 Annual Report Awards (ARA)

Filed under: MoF NEWS — kangpandoe @ 2:28 am

“Saya ikut bangga dan cukup lega bahwa juara umum terus menerus dipegang oleh BUMN. Namun agak memalukan juga bahwa ada BUMN yang masih tidak eligible untuk diberikan award.” Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya seusai menyerahkan penghargaan ARA 2007 untuk kategori juara umum yang diraih oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Selasa malam di Flores Ballroom, Hotel Borobudur Jakarta (12/08).

ARA merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan bersama oleh Bapepam-LK, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Negara BUMN, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), dan Ikatan Akuntan Indonesia. Penyelenggaraan ARA tahun ini merupakan perhelatan yang ke-7 sejak tahun 2002 silam serta perhelatan kali ketiga yang dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Tercatat sebanyak 167 peserta dari kalangan korporasi turut ambil bagian dalam event ini. Para peserta terbagi dalam 8 kategori, meliputi : kategori BUMN Keuangan Listed; BUMN Keuangan Non Listed; BUMN Non Keuangan Listed; BUMN Non Keuangan Non Listed; Private Keuangan Listed; Private Keuangan Non Listed; Private Non Keuangan Listed; dan Private Non Keuangan Non listed.

Selain itu, ARA tahun ini diikuti pula oleh 2 lembaga pemerintah yakni KPK dan Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh-Nias (BRR NAD-Nias). Sayangnya, dewan juri belum dapat memberikan penilaian laporan keuangan kedua lembaga pemerintah tersebut karena kriteria penilaian yang digunakan masih mengacu pada kriteria penilaian untuk sektor corporate.

Dewan Juri

Dewan juri ARA terdiri dari 14 orang yang berasal dari berbagai kalangan meliputi regulator, akademisi, asosiasi investor, dana pensiun, IAI, BUMN, dan praktisi pasar modal. Menurut ketua dewan juri ARA 2007, Mar’ie Muhammad, dalam implementasi Good Corporate Governance dibandingkan negara-negara lain di Asia, Indonesia masih tertinggal. Hal ini didasarkan atas laporan yang disampaikan oleh Corporate Governance Watch pada tahun 2007 yang menempatkan Indonesia pada peringkat terbawah dari 11 negara Asia yang disurvey selama tahun 2003-2006. Ke-11 negara Asia tersebut adalah Honkong, Jepang, Singapura, India, Taiwan, Korea, Malaysia, China, Philipina, Thailand, dan Indonesia.

Oleh karena itu, melalui penyelenggaraan ARA diharapkan dapat meningkatkan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) pada umumnya dan secara khusus dapat pula meningkatkan penerapan prinsip transparansi di sektor dunia usaha, baik BUMN/BUMD tercatat dan tidak tercatat maupun perusahaan private yang tercatat dan tidak tercatat di Bursa Efek.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dewan Juri ARA, Etty Retno Wulandari menambahkan bahwa latar belakang penyelenggaraan ARA salah satunya adalah untuk meningkatkan implementasi good corporate governance perusahaan-perusahaan di Indonesia. ”Diharapkan nanti kalau implementasi good corporate governance yang terlihat di laporan tahunannya sudah bagus, kedepan dimungkinkan pemberian ARA berkembang tidak hanya kepada perusahaan, tapi juga pelaku usaha lainnya termasuk Pemda dan sebagainya.” jelas wanita penyandang gelar PhD dari NTU, Singapura yang juga sebagai satu-satunya wanita dalam jajaran dewan juri ARA 2007 ini.

Para Pemenang ARA 2007

Penilaian pemenang dilakukan melalui serangkaian proses seleksi yang ketat oleh dewan juri meliputi penilaian kuantitatif atas kualitas informasi yang disajikan dalam laporan tahunan. Khususnya menyangkut aspek transparansi dan good corporate governance. Selain itu, untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif dewan juri juga melakukan wawancara, dan company visit. Dari 8 kategori yang dilombakan, tidak terdapat pemenang untuk kategori Private Keuangan Non Listed sehingga secara keseluruhan terdapat 19 penerima penghargaan.

Juara Umum
PT Telekomunikais Indonesia Tbk
Private Keuangan Listed
1. PT Bank Niaga Tbk
2. PT Bank NISP Tbk
3. PT Bank Permata Tbk
Private Keuangan Non Listed
Tidak Ada Pemenang
Private Non Keuangan Listed
1. PT Indosat Tbk
2. PT International Nickel Indonesia Tbk
3. PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk
Private Non Keuangan Non Listed
1. PT Elnusa Tbk
2. PT Pupuk Kaltim
3. PT Petro Kimia Gresik (Persero)
BUMN Keuangan Listed
1. PT Bank Negara Indonesia (Persero)
2. PT Bank Mandiri Tbk
3. PT Bank Ekspor Indonesia (Persero)
BUMN Non Keuangan Listed
1. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
2. PT Aneka Tambang Tbk
3. PT Adhi Karya Tbk
BUMN Keuangan Non Listed
PT Jamsostek (Persero)
BUMN Non Keuangan Non Listed
1. PT Angkasa Pura II
2. PT Perkebunan Nusantara XIII (Persero)

Rewards

Kepada para pemenang dari masing-masing kategori diberikan berbagai rewards antara lain : sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan; tidak dilakukan pemeriksaan pajak untuk tahun buku 2007 untuk pemenang 1-3; pemotongan biaya pencatatan/listing fee sebagai Emiten di Bursa Efek Indonesia untuk pemenang 1-3; publikasi pemenang di media massa; Pengurangan Initial Fee Corporate Member IAI; undangan untuk mengikuti Directorship Certification Program untuk pemenang 1-3; penghargaan khusus dari bank Indonesia khusus pemenang dari Perbankan; dan kumpulan peraturan, dan bentuk lain yang dipandang perlu dari regulator.

2 Komentar »

  1. ini berita yg kautulis sendiri, pan? bagus, bagus. ada beberapa yg salah, sih. tapi g trllu prinsip.

    mstiny dilombakan jg tuh laporan thnn tiap2 departemen-nondepartemen. biar g di-disclaimer lg ama bpk. hwehe. hadiahny g diaudit ama bpk, mslny. yah, tp it kekny mustahil, y. hoho.

    keep writing!

    Komentar oleh Farijs van Java — Agustus 16, 2008 @ 6:15 am | Balas

  2. Wah bagus juga tuh keknya klo laporan keuangan KL di lombaiin….

    btw sebenernya yang khusus KL itu dah ada Fer, kemarin waktu acara Rakernas Akuntansi di The Sulthan Hotel penghargaan itu diberikan oleh Menteri Keuangan… penerimanya klo gak salah ada 14 ( 13 KL dan 1 Pemda) KL nya : BIN-Meneg BUMN apa lagi yah… lupa trus pemdanya Pemkot Tangerang….

    Para pemenang tadi yang Laporan Keuangannya memperoleh opini WTS atau WDP dr BPK.

    Jadi diaudit dulu ma BPK baru dikasih awards, bukan dikasih awards dulu baru gak diaudit

    Komentar oleh kangpandoe — Agustus 17, 2008 @ 3:14 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: